What’s Hot

Menerapkan Tehnik Pengambilan Gambar Produksi

Pengambilan gambar terhadap suatu objek dapat dilakukan dengan lima cara :

1. Bird Eye View Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian objek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan benda-benda lain tampak kecil dan berserakan.

2. High Angle Sudut pengambilan dari atas objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat kecil. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai “kerdil”.

 3. Low Angle Sudut pengambilan dari arah bawah objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat besar. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai agung/ prominance, berwibawa, kuat, dominan.

4. Eye Level Sudut pengambilan gambar sejajar dengan objek. Hasilnya memperlihatkan tangkapan pandangan mata seseorang. Teknik ini tidak memiliki kesan dramatis melainkan kesan wajar.

5. Frog Eye Sudut keduduka mewakili pengambilan objek atau mata katak.

Gerakan kamera akan menghasilkan gambar yang berbeda. Oleh karenanya maka dibedakan dengan istilah-istilah sebagai berikut: :

a. Zoom In/ Zoom Out : kamera bergerak menjauh dan mendekati objek dengan menggunakan tombol zooming yang ada di kamera.

b. Panning : gerakan kamera menoleh ke kiri dan ke kanan dari atas tripod.

c. Tilting : gerakan kamera ke atas dan ke bawah. Tilt Up jika kamera mendongak dan tilt down jika kamera mengangguk.

d. Dolly : kedudukan kamera di tripod dan di atas landasan rodanya. Dolly In jika bergerak maju dan Dolly Out jika bergerak menjauh.

e. Follow : gerakan kamera mengikuti objek yang bergerak.

f. Crane shot : gerakan kamera yang dipasang di atas roda crane.

g. Fading : pergantian gambar secara perlahan. Fade in jika gambar muncul dan fade out jika gambar menghilang serta cross fade jika gambar 1 dan 2 saling menggantikan secara bersamaan.

h. Framing : objek berada dalam framing Shot. Frame In jika memasuki bingkai dan frame out jika keluar bingkai.

Menggabungkan audio kedalam sajian multimedia

Pada pertemuan kali ini tugas yang diberikan yakni membuat sebuah video berita kemudian kita lakukan dabing dan menggabungkannya ke video tersebut menggunakan Aplikasi Odobe Audition.

Menggabungkan foto digital kedalam sajian multimedia

Pada materi pertama yg dilakukan yaitu membuat sebuah pohon tampak seperti memiliki kepala dan mata dengan menggunakan softwere Photoshop.

Menerapkan Efek Khusus

LANGAH – LANGKAH UNTUK MEMBUAT EFEK API MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT
Klik start – all program – adobe master collection cs3 – pilih adobe after effect
Klik ctrl + n untuk new project kemudian muncul seperti gambar di bawah ini

Ubah preset menjadi DTSC DV, Durasi menjadi 00:30:00 kemudian klik ok
Kemudian klik kanan, new pilih solid maka akan muncul seperti ni

Kemudian klik ok
Pada effect & present kita serch ke fraktal lalu pilih fraktal noise seperti gambar di bawah ini

Kemudian drag ke composition seperti di bawah ini

Pada fraktal type pilih dinamic twist seperti gambar di bawah ini
Atur ukuran contras sesuai dengan keinginan

Lalu akurangi brightnessnya

Klik segitiga transform kemudian pilih scale

lalu hilangkan centang pada uniform

disitu akan muncul scale width dan scale height

lalu tambahkan scale height sampai menyerupai api

Apabila masih belum menyerupai api kita atur lagi seperti gambar di bawah ini

Maka akan tampil seperti ini



Pada evolution kita atur sesuai keinginan




Maka akan tampil seperti ini

Disitu garis – garisnya masih terlalu kompleks dan kita perkecil complexitynya seperti gambar di bawah ini



Kemudian klik segitiga kecil sub setting

Akan tampil seperti ini



Kemudian klik tombol  jam pada ujung sub offset untuk membuat key frame pertama

Pilih current time indicator untuk menggeser ke keyframe kedua

Geser sampai ke keyframe ke 10



Lalu atur sub offset sesuai keinginan untuk memberi keyframe kedua

Pada evolution klik tombol jam untuk menciptakan key frame pertama

Seperti gambar di bawah ini



Pilih current time indicator untuk menggeser ke keyframe kedua

Geser sampai ke keyframe ke 10

Atur lagi evulutionya seperti di bawah ini



Maka akan tampil seperti di bawah ini

Kemudian pilih current time indicator untuk menggeser ke keyframe kedua

geser current time indicator untuk menggeser ke keyframe kedua



Atur evolutionnya

Pada effect & present kita serch ke colorama untuk memberi gambar  seperti gambar di bawah ini



Kemudian drag ke composition seperti ini

Maka akan tampil warna seperti gambar berikut

 Untuk membuat efek seperti api kita pilih output circle



Kemudian pada user present pallete kita pilih fire

Maka akan tampil seperti berikut



Kalau sudah kita pilih current time untuk memutar

Fisika



B. Hambatan dan Hambatan Jenis
1. Hambatan Didefenisikan  sebagai perbandingan antar beda potensial V Pada Kedua ujung Penghantar Terhadap Besar Kuat Arus I
RUMUS : R = V          Ket : R  : Resistor
                       I                   V : Volt
                                          I : Kuat Arus

2. Resistivitas Bahan Atau Hambatan jenis Di defenisikan Sebagai Perbandingan Antara Medan Listrik E Terhadap Arus J.
RUMUS : R : P L
                     A
Ket : R : Resistor ()
        P : Hambatan Jenis (Ωm)
        L : Panjang Penghantar (m)
        A : Luas Penampang Penghantar ( M2)

Kesimpulan  :
Semakin Luas Penampang Semakin Kecil Hambatan


C. Hukum kirchhof
1. Hukum 1 Kirchoff
Berbunyi Arus total yang masuk melalui titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik sama dengan arus total yang keluar dari titik [ercabangan tersebut :
 Rumus :
 I Masuk = ∑I Keluar
2. Hukum II Kirchhoff
Total Beda Potensial Pada Rangkaian Tertutup Adalah Nol. Tanda Panah Loop Ketika Melewati beda Potensial Bertemu Dengan Kutub Negatif terlebih Dahulu Adalah :
Vab = Vb – Va = + E
E = Beda Potensial / Tegangan

Profile

Andi Asri Bhr M
Andis,Abm
XII.Multimedia 1
Fb : Andi Asri Baharuddin Makkulasse
Ig : Andis_022